SEDERHANA DLM SUNNAH LEBIH BAIK DARI PADA SEMANGAT TAPI SESAT

Kamis, 05 Juli 2012

Makam Mbah Priok Ternyata Fiktif?

Makam Mbah Priok Ternyata Fiktif?
Irvan Ali Fauzi
07/05/2010 – 20:00
INILAH.COM, Jakarta – Abdullah Alatas, seorang yang pernah menjadi kuasa substitusi hukum lokasi makam Habib Hasan bin Muhammad al-Hadad alias Mbah Priok mengakui bahwa lokasi makam itu sebenarnya tidak ada.
Di lokasi makam yang terdapat di Jalan Dobo, Koja, Tanjung Priuk, Jakarta Utara sebetulnya hanya situs makam buatan saja. Kerangka tulang-belulang Mbah Priok sendiri telah dipindah sejak 1997 ke TPU Budi Darma, Semper.
“Setahu saya waktu itu makam sudah dibongkar,” ujar Abdullah saat memberi keterangan dalam konperensi pers di Gedung PMI Pusat, Jakarta, Jumat (7/5).
Saat didesak apakah lokasi makam tersebut fiktif, Abdullah mengelak. “Saya nggak berani bilang kalau itu fiktif,” kilahnya.
Namun, dia menjelaskan bahwa kerangka tulang yang telah dipindah ke Semper itu tidak dipindahkan kembali. “Dari Semper nggak dipindahin lagi, (Lokasi makam) di Dobo dibentuk lagi jadi seperti makam hanya untuk menandai walaupun kerangkanya sudah nggak di situ,” jelasnya.
Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Investigasi PMI Ulla Nuchrawaty mengatakan bahwa apa yang disampaikan oleh saksi-saksi yang dihadirkannya dalam konferensi pers itu bukan kesimpulan akhir. “Ini bukan kesimpulan bukan juga catatan akhir tapi hanya memperkaya keterangan. Artinya memang niat PMI hanya untuk investigasi kemanusiaan. Kami buka kepada semua pihak untuk mengoreksi kembali. PMI hanya jangan sampai (insiden yang sama) berulang,” tandas Ulla. [irv/jib]
Anda mungkin juga meminati:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar