SEDERHANA DLM SUNNAH LEBIH BAIK DARI PADA SEMANGAT TAPI SESAT

Selasa, 03 Juli 2012

Hukum TAHLILAN menurut Muktamar NU ke-1

Muktamar NU ke-1 di Surabaya tanggal 13 Rabiuts Tsani 1345 H/21 Oktober 1926
Mencantumkan pendapat Ibnu Hajar al-Haitami dan menyatakan bahwa selamatan kematian adalah bid’ah yang hina namun tidak sampai diharamkan dan merujuk juga kepada Kitab Ianatut Thalibin.
Namun Nahdliyin generasi berikutnya menganggap pentingnya tahlilan tersebut sejajar (bahkan melebihi) rukun Islam/Ahli Sunnah wal Jama’ah. Sekalipun seseorang telah melakukan kewajiban-kewajiban agama, namun tidak melakukan tahlilan, akan dianggap tercela sekali, bukan termasuk golongan Ahli Sunnah wal Jama’ah.
Di zaman akhir yang ini dimana keadaan pengikut sunnah seperti orang ‘aneh’ asing di negeri sendiri, begitu banyaknya orang Islam yang meninggalkan kewajiban agama tanpa rasa malu, seperti meninggalkan Sholat Jum’at, puasa Romadhon,dll.
Sebaliknya masyarakat begitu antusias melaksanakan tahlilan ini, hanya segelintir orang yang berani meninggalkannya. Bahkan non-muslim pun akan merasa kikuk bila tak melaksanakannya. Padahal para ulama terdahulu senantiasa mengingat dalil-dalil yang menganggap buruk walimah (selamatan) dalam suasana musibah tersebut.
Dari sahabat Jarir bin Abdullah al-Bajali: “Kami (para sahabat) menganggap kegiatan berkumpul di rumah keluarga mayit, serta penghidangan makanan oleh mereka merupakan bagian dari niyahah (meratapi mayit)”. (Musnad Ahmad bin Hambal (Beirut: Dar al-Fikr, 1994) juz II, hal 204 & Sunan Ibnu Majah (Beirut: Dar al-Fikr) juz I, hal 514)
MUKTAMAR I NAHDLATUL ULAMA (NU) KEPUTUSAN MASALAH DINIYYAH NO: 18 / 13 RABI’UTS TSAANI 1345 H / 21 OKTOBER 1926 DI SURABAYA


TENTANG KELUARGA MAYIT MENYEDIAKAN MAKAN KEPADA PENTAKZIAH
TANYA :
Bagaimana hukumnya keluarga mayat menyediakan makanan untuk hidangan kepada mereka yang datang berta’ziah pada hari wafatnya atau hari-hari berikutnya, dengan maksud bersedekah untuk mayat tersebut? Apakah keluarga memperoleh pahala sedekah tersebut?
JAWAB :
Menyediakan makanan pada hari wafat atau hari ketiga atau hari ketujuh itu hukumnya MAKRUH, apabila harus dengan cara berkumpul bersama-sama dan pada hari-hari tertentu, sedang hukum makruh tersebut tidak menghilangkan pahala itu.
KETERANGAN :
Dalam kitab I’anatut Thalibin Kitabul Janaiz:
MAKRUH hukumnya bagi keluarga mayit ikut duduk bersama orang-orang yang sengaja dihimpun untuk berta’ziyah dan membuatkan makanan bagi mereka, sesuai dengan hadits riwayat Ahmad dari Jarir bin Abdullah al Bajali yang berkata: ”kami menganggap berkumpul di (rumah keluarga) mayit dengan menyuguhi makanan pada mereka, setelah si mayit dikubur, itu sebagai bagian dari RATAPAN (YANG DILARANG).”
Dalam kitab Al Fatawa Al Kubra disebutkan :
“Beliau ditanya semoga Allah mengembalikan barokah-Nya kepada kita. Bagaimanakah tentang hewan yang disembelih dan dimasak kemudian dibawa di belakang mayit menuju kuburan untuk disedekahkan ke para penggali kubur saja, dan TENTANG YANG DILAKUKAN PADA HARI KETIGA KEMATIAN DALAM BENTUK PENYEDIAAN MAKANAN UNTUK PARA FAKIR DAN YANG LAIN, DAN DEMIKIAN HALNYA YANG DILAKUKAN PADA HARI KETUJUH, serta yang dilakukan pada genap sebulan dengan pemberian roti yang diedarkan ke rumah-rumah wanita yang menghadiri proses ta’ziyah jenazah.
Mereka melakukan semua itu tujuannya hanya sekedar melaksanakan kebiasaan penduduk setempat sehingga bagi yang tidak mau melakukannya akan dibenci oleh mereka dan ia akan merasa diacuhkan. Kalau mereka melaksanakan adat tersebut dan bersedekah tidak bertujuaan (pahala) akhirat, maka bagaimana hukumnya, boleh atau tidak?
Apakah harta yang telah ditasarufkan, atas keingnan ahli waris itu masih ikut dibagi/dihitung dalam pembagian tirkah/harta warisan, walau sebagian ahli waris yang lain tidak senang pentasarufan sebagaian tirkah bertujuan sebagai sedekah bagi si mayit selama satu bulan berjalan dari kematiannya. Sebab, tradisi demikian, menurut anggapan masyarakat harus dilaksanakan seperti “wajib”, bagaimana hukumnya.”
Beliau menjawab bahwa semua yang dilakukan sebagaimana yang ditanyakan di atas termasuk BID’AH YANG TERCELA tetapi tidak sampai haram (alias makruh), kecuali (bisa haram) jika prosesi penghormatan pada mayit di rumah ahli warisnya itu bertujuan untuk “meratapi” atau memuji secara berlebihan (rastsa’).
Dalam melakukan prosesi tersebut, ia harus bertujuan untuk menangkal “OCEHAN” ORANG-ORANG BODOH (yaitu orang-orang yang punya adat kebiasaan menyediakan makanan pada hari wafat atau hari ketiga atau hari ketujuh, dst-penj.), agar mereka tidak menodai kehormatan dirinya, gara-gara ia tidak mau melakukan prosesi penghormatan di atas.
Dengan sikap demikian, diharapkan ia mendapatkan pahala setara dengan realisasi perintah Nabi terhadap seseorang yang batal (karena hadast) shalatnya untuk menutup hidungnya dengan tangan (seakan-akan hidungnya keluar darah). Ini demi untuk menjaga kehormatan dirinya, jika ia berbuat di luar kebiasaan masyarakat.
Tirkah tidak boleh diambil / dikurangi seperti kasus di atas. Sebab tirkah yang belum dibagikan mutlak harus disterilkan jika terdapat ahli waris yang majrur ilahi. Walaupun ahli warisnya sudah pandai-pandai, tetapi sebagian dari mereka tidak rela (jika tirkah itu digunakan sebelum dibagi kepada ahli waris).
[Buku "Masalah Keagamaan" Hasil Muktamar/ Munas Ulama NU ke I s/d XXX (yang terdiri dari 430 masalah) oleh KH. A. Aziz Masyhuri ketua Pimpinan Pusat Rabithah Ma'ahid Islamiyah dan Pengasuh Ponpes Al Aziziyyah Denanyar Jombang. Kata Pengantar Menteri Agama Republik Indonesia : H. Maftuh Basuni]

Keterangan lebih lengkapnya lihat dalam Kitab I’anatut Thalibin Juz 2 hal. 165 -166 , Seperti terlampir di bawah ini :
وقد أرسل الامام الشافعي - رضي الله عنه - إلى بعض أصحابه يعزيه في ابن له قد مات بقوله: إني معزيك لا إني على ثقة * * من الخلود، ولكن سنة الدين فما المعزى بباق بعد ميته * * ولا المعزي ولو عاشا إلى حين والتعزية: هي الامر بالصبر، والحمل عليه بوعد الاجر، والتحذير من الوزر بالجزع، والدعاء للميت بالمغفرة وللحي بجبر المصيبة، فيقال فيها: أعظم الله أجرك، وأحسن عزاءك، وغفر لميتك، وجبر معصيتك، أو أخلف عليك، أو نحو ذلك.وهذا في تعزية المسلم بالمسلم.
وأما تعزية المسلم بالكافر فلا يقال فيها: وغفر لميتك، لان الله لا يغفر الكفر.
وهي مستحبة قبل مضي ثلاثة أيام من الموت، وتكره بعد مضيها.ويسن أن يعم بها جميع أهل الميت من صغيروكبير، ورجل وامرأة، إلا شابة وأمرد حسنا، فلا يعزيهما إلا محارمهما، وزوجهما.ويكره ابتداء أجنبي لهما بالتعزية، بل الحرمة أقرب.ويكره لاهل الميت الجلوس للتعزية، وصنع طعام يجمعون الناس عليه، لما روى أحمد عن جرير بن عبد الله البجلي، قال: كنا نعد الاجتماع إلى أهل الميت وصنعهم الطعام بعد دفنه من النياحة، ويستحب لجيران أهل الميت - ولو أجانب - ومعارفهم - وإن لم يكونوا جيرانا - وأقاربه الاباعد - وإن كانوا بغير بلد الميت - أن يصنعوا لاهله طعاما يكفيهم يوما وليلة، وأن يلحوا عليهم في الاكل.ويحرم صنعه للنائحة، لانه إعانة على معصية.
وقد اطلعت على سؤال رفع لمفاتي مكة المشرفة فيما يفعله أهل الميت من الطعام.وجواب منهم لذلك.
(وصورتهما).
ما قول المفاتي الكرام بالبلد الحرام دام نفعهم للانام مدى الايام، في العرف الخاص في بلدة لمن بها من الاشخاص أن الشخص إذا انتقل إلى دار الجزاء، وحضر معارفه وجيرانه العزاء، جرى العرف بأنهم ينتظرون الطعام، ومن غلبة الحياء على أهل الميت يتكلفون التكلف التام، ويهيئون لهم أطعمة عديدة، ويحضرونها لهم بالمشقة الشديدة.فهل لو أراد رئيس الحكام - بما له من الرفق بالرعية، والشفقة على الاهالي - بمنع هذه القضية بالكلية ليعودوا إلى التمسك بالسنة السنية، المأثورة عن خير البرية وإلى عليه ربه صلاة وسلاما، حيث قال: اصنعوا لآل جعفر طعاما يثاب على هذا المنع المذكور ؟ أفيدوا بالجواب بما هو منقول ومسطور.
(الحمد لله وحده) وصلى الله وسلم على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه والسالكين نهجهم بعده.اللهم أسألك الهداية للصواب.
نعم، ما يفعله الناس من الاجتماع عند أهل الميت وصنع الطعام، من البدع المنكرة التي يثاب على منعها والي الامر، ثبت الله به قواعد الدين وأيد به الاسلام والمسلمين.
قال العلامة أحمد بن حجر في (تحفة المحتاج لشرحك المنهاج): ويسن لجيران أهله - أي الميت - تهيئة طعام يشبعهم يومهم وليلتهم، للخبر الصحيح.اصنعوا لآل جعفر طعاما فقد جاءهم ما يشغلهم
.
ويلح عليهم في الاكل ندبا، لانهم قد يتركونه حياء، أو لفرط جزع.ويحرم تهيئه للنائحات لانه إعانة على معصية، وما اعتيد من جعل أهل الميت طعاما ليدعوا الناس إليه، بدعة مكروهة - كإجابتهم لذلك، لما صح عن جرير رضي الله عنه.كنا نعد الاجتماع إلى أهل الميت وصنعهم الطعام بعد دفنه من النياحة.
ووجه عده من النياحة ما فيه من شدة الاهتمام بأمر الحزن.
ومن ثم كره اجتماع أهل الميت ليقصدوا بالعزاء، بل ينبغي أن ينصرفوا في حوائجهم، فمن صادفهم عزاهم.
اه.
وفي حاشية العلامة الجمل على شرح المنهج: ومن البدع المنكرة والمكروه فعلها: ما يفعله الناس من الوحشةوالجمع والاربعين، بل كل ذلك حرام إن كان من مال محجور، أو من ميت عليه دين، أو يترتب عليه ضرر، أو نحو ذلك.
اه.وقد قال رسول الله (ص) لبلال بن الحرث رضي الله عنه: يا بلال من أحيا سنة من سنتي قد أميتت من بعدي، كان له من الاجر مثل من عمل بها، لا ينقص من أجورهم شيئا.
ومن ابتدع بدعة ضلالة لا يرضاها الله ورسوله، كان عليه مثل من عمل بها، لا ينقص من أوزارهم شيئا.وقال (ص): إن هذا الخير خزائن، لتلك الخزائن مفاتيح، فطوبى لعبد جعله الله مفتاحا للخير، مغلاقا للشر.وويل لعبد جعله الله مفتاحا للشر، مغلاقا للخير.
ولا شك أن منع الناس من هذه البدعة المنكرة فيه إحياء للسنة، وإماته للبدعة، وفتح لكثير من أبواب الخير، وغلق لكثير من أبواب الشر، فإن الناس يتكلفون تكلفا كثيرا، يؤدي إلى أن يكون ذلك الصنع محرما.والله سبحانه وتعالى أعلم.
كتبه المرتجي من ربه الغفران: أحمد بن زيني دحلان - مفتي الشافعية بمكة المحمية - غفر الله له، ولوالديه، ومشايخه، والمسلمين.
(الحمد لله) من ممد الكون أستمد التوفيق والعون.نعم، يثاب والي الامر - ضاعف الله له الاجر، وأيده بتأييده - على منعهم عن تلك الامور التي هي من البدع المستقبحة عند الجمهور.
قال في (رد المحتار تحت قول الدار المختار) ما نصه: قال في الفتح: ويستحب لجيران أهل الميت، والاقرباء الاباعد، تهيئة طعام لهم يشبعهم يومهم وليلتهم، لقوله (ص): اصنعوا لآل جعفر
طعاما
(ما فقد جاءهم ما يشغلهم.حسنه الترمذي، وصححه الحاكم.
ولانه بر ومعروف، ويلح عليهم في الاكل، لان الحزن يمنعهم من ذلك، فيضعفون حينئذ.وقال أيضا: ويكره الضيافة من الطعام من أهل الميت، لانه شرع في السرور، وهي بدعة.روى الامام أحمد وابن ماجه بإسناد صحيح، عن جرير بن عبد الله، قال: كنا نعد الاجتماع إلى أهل الميت وصنعهم الطعام من النياحة.اه.
وفي البزاز: ويكره اتخاذ الطعام في اليوم الاول والثالث وبعد الاسبوع، ونقل الطعام إلى القبر في المواسم إلخ.وتمامه فيه، فمن شاء فليراجع.والله سبحانه وتعالى أعلم.كتبه خادم الشريعة والمنهاج: عبد الرحمن بن عبد الله سراج، الحنفي، مفتي مكة المكرمة - كان الله لهما حامدا مصليا مسلما
Terjemahan kalimat yang telah digaris bawahi atau ditulis tebal di atas, di dalam Kitab I’anatut Thalibin :
1. Ya, apa yang dikerjakan orang, yaitu berkumpul di rumah keluarga mayit dan dihidangkannya makanan untuk itu, adalah termasuk Bid’ah Mungkar, yang bagi orang yang melarangnya akan diberi pahala.
2. Dan apa yang telah menjadi kebiasaan, ahli mayit membuat makanan untuk orang-orang yang diundang datang padanya, adalah Bid’ah yang dibenci.
3. Dan tidak diragukan lagi bahwa melarang orang-orang untuk melakukan Bid’ah Mungkarah itu (Haulan/Tahlilan : red) adalah menghidupkan Sunnah, mematikan Bid’ah, membuka banyak pintu kebaikan, dan menutup banyak pintu keburukan.
4. Dan dibenci bagi para tamu memakan makanan keluarga mayit, karena telah disyari’atkan tentang keburukannya, dan perkara itu adalah Bid’ah. Telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ibnu Majah dengan sanad yang Shahih, dari Jarir ibnu Abdullah, berkata : “Kami menganggap berkumpulnya manusia di rumah keluarga mayit dan dihidangkan makanan , adalah termasuk Niyahah”
5. Dan dibenci menyelenggarakan makanan pada hari pertama, ketiga, dan sesudah seminggu dst.
Muhammadiyah, PERSIS dan Al Irsyad, sepakat mengatakan bahwa Tahlilan (Selamatan Kematian) adalah perkara bid’ah, dan harus ditinggalkan
Dari Thalhah: “Sahabat Jarir mendatangi sahabat Umar, Umar berkata: Apakah kamu sekalian suka meratapi mayat? Jarir menjawab: Tidak, Umar berkata: Apakah di antara wanita-wanita kalian semua suka berkumpul di rumah keluarga mayit dan memakan hidangannya? Jarir menjawab: Ya, Umar berkata: Hal itu sama dengan meratap”. (al-Mashnaf ibn Aby Syaibah (Riyad: Maktabah al-Rasyad, 1409), juz II hal 487) dari Sa’ied bin Jabir dan dari Khaban al-Bukhtary, kemudian dikeluarkan pula oleh Abd al-Razaq: “Merupakan perbuatan orang-orang jahiliyyah niyahah , hidangan dari keluarga mayit, dan menginapnya para wanita di rumah keluarga mayit”. (al-Mashnaf Abd al-Razaq al-Shan’any (Beirut: al-Maktab al- Islamy, 1403) juz III, hal 550. dikeluarkan pula oleh Ibn Abi Syaibah dengan lafazh berbeda melalui sanad Fudhalah bin Hashien, Abd al-Kariem, Sa’ied bin Jabbier) Dari Ibn Aby Syaibah al-Kufy: “Telah berbicara kepadaku Yan’aqid bin Isa dari Tsabit dari Qais, beliau berkata: saya melihat Umar bin Abdul Aziz melarang keluarga mayit mengadakan perkumpulan, kemudian berkata: kalian akan mendapat bencana dan akan merugi”.
Dari Ibn Aby Syaibah al-Kufy: “Telah berbicara kepada kami, Waki’ bin Jarrah dari Sufyan dari Hilal bin Khabab al Bukhtary, beliau berkata: Makanan yang dihidangkan keluarga mayat adalah merupakan bagian dari perbuatan Jahiliyah dan meratap merupakan bagian dari perbuatan jahiliyah”.
Syekh Nawawi al-Bantani, Syekh Arsyad al-Banjary dan Syekh Nuruddin ar- Raniry yang merupakan peletak dasar-dasar pesantren di Indonesia pun masih berpegang kuat dalam menganggap buruknya selamatan kematian itu.
“Shadaqah untuk mayit, apabila sesuai dengan tuntunan syara’ adalah dianjurkan, namun tidak boleh dikaitkan dengan hari ke tujuh atau hari- hari lainnya, sementara menurut Syaikh Yusuf, telah berjalan kebiasaan di antara orang-orang yang melakukan shadaqah untuk mayit dengan dikaitkan terhadap hari ketiga dari kematiannya, atau hari ke tujuh, atau keduapuluh, atau keempatpuluh, atau keseratus dan sesudahnya hingga dibiasakan tiap tahun dari kematiannya, padahal hal tersebut hukumnya makruh.
Demikian pula makruh hukumnya menghidangkan makanan yang ditujukan bagi orang-orang yang berkumpul pada malam penguburan mayit (biasa disebut al-wahsyah), bahkan haram hukumhukumnya biayanya berasal dari harta anak yatim”. (an-Nawawy al-Bantani, Nihayah al-Zein fi Irsyad al-Mubtadi’ien (Beirut: Dar al-Fikr) hal 281).
Pernyataan senada juga diungkapkan Muhammad Arsyad al-Banjary dalam Sabiel al-Muhtadien (Beirut: Dar al-Fikr) juz II, hal 87, serta Nurudin al-Raniry dalam Shirath al-Mustaqim (Beirut: Dar al-Fikr) juz II, hal 50)
Dari majalah al-Mawa’idz yang diterbitkan oleh NU pada tahun 30-an, menyitir pernyataan Imam al-Khara’ithy yang dilansir oleh kitab al-Aqrimany disebutkan: “al-Khara’ithy mendapat keterangan dari Hilal bin Hibban r.a, beliau berkata: ‘Penghidangan makanan oleh keluarga mayit merupakan bagian dari perbuatan orang-orang jahiliyah’. kebiasaan tersebut oleh masyarakat sekarang sudah dianggap sunnah, dan meninggalkannya berarti bid’ah, maka telah terbalik suatu urusan dan telah berubah suatu kebiasaan’. (al-Aqrimany dalam al-Mawa’idz; Pangrodjong Nahdlatoel ‘Oelama Tasikmalaya, Th. 1933, No. 18, hal.286).
Dan para ulama berkata: “Tidak pantas orang Islam mengikuti kebiasaan orang Kafir, oleh karena itu setiap orang seharusnya melarang keluarganya dari menghadiri acara semacam itu”. (al-Aqrimany hal 315 dalam al-Mawa’idz; Pangrodjong Nahdlatoel Oelama Tasikmalaya, Th. 1933, No. 18, hal.285)
Al-Sayyid al-Bakry Abu Bakr al-Dimyati dalam kitabnya I’anah at- Thalibien menghukumi makruh berkumpul bersama di tempat keluarga mayat, walaupun hanya sebatas untuk berbelasungkawa, tanpa dilanjutkan dengan proses perjamuan tahlilan.
Beliau justru menganjurkan untuk segera meninggalkan keluarga tersebut, setelah selesai menyampaikan ta’ziyah. (al-Sayyid al-Bakry Abu Bakr al-Dimyati, I’anah at- Thalibien (Beirut: Dar al-Fikr, 1414) juz II, hal 146)
Ibnu Taimiyah ketika menjawab pertanyaan tentang hukum dari al-Ma’tam: “Tidak diterima keterangan mengenai perbuatan tersebut apakah itu hadits shahih dari Nabi, tidak pula dari sahabat-sahabatnya, dan tidak ada seorangpun dari imam-imam muslimin serta dari imam madzhab yang empat (Imam Hanafy, Imam Maliki, Imam Syafi’i, Imam Ahmad) juga dari imam-imam yang lainnya, demikian pula tidak terdapat keterangan dari ahli kitab yang dapat dipakai pegangan, tidak pula dari Nabi, sahabat, tabi’ien, baik shahih maupun dlaif, serta tidak terdapat baik dalam kitab-kitab shahih, sunan-sunan ataupun musnad-musnad, serta tidak diketahui pula satupun dalam hadits-hadits dari zaman nabi dan sahabat.
” Menurut pendapat Mufty Makkah al-Musyarafah, Ahmad bin Zainy Dahlan yang dilansir dalam kitab I’anah at-Thalibien: “Tidak diragukan lagi bahwa mencegah masyarakat dari perbuatan bid’ah munkarah tersebut adalah mengandung arti menghidupkan sunnah dan mematikan bid’ah, sekaligus berarti menbuka banyak pintu kebaikan dan menutup banyak pintu keburukan”. (al-Sayyid al-Bakry Abu Bakr al-Dimyati, I’anah at-Thalibien juz II, hal 166)
Memang seolah-olah terdapat banyak unsur kebaikan dalam tahlilan itu, namun bila dikembalikan ke dalam hukum agama dimana Hadits ke-5 Arba’in an- Nawawiyah disebutkan: “Dari Ummul mukminin, Ummu ‘Abdillah, ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang mengada-adakan sesuatu dalam urusan agama kami ini yang bukan dari kami, maka dia tertolak”. (Bukhari no. 2697, Muslim no. 1718)
Ahli Sunnah wal Jama’ah adalah instrumen untuk menjaga kemurnian Islam ini meskipun sampai akhir zaman Allah tidak mengutus Rasul lagi. Dibalik larangan bid’ah terkandung hikmah yang sangat besar, membentengi perubahan- perubahan dalam agama akibat arus pemikiran dan adat istiadat dari luar Islam.
Bila pada umat-umat terdahulu telah menyeleweng agamanya, Allah mengutus Rasul baru, maka pada umat Muhammad ini Allah tidak akan mengutus Rasul lagi sampai kiamat, namun membangkitkan orang yang memperbarui agamanya seiring penyelewengan yang terjadi. Ibadah yang disunnahkan dibandingkan dengan yang diada-adakan hakikatnya sangat berbeda, bagaikan uang/ijazah asli dengan uang/ijazah palsu, meskipun keduanya tampak sejenis.
Yang membedakan 72 golongan ahli neraka dengan 1 golongan ahli surga adalah sunnah dan bid’ah. Umat ini tidak berpecahbelah sehebat perpecahan yang diakibatkan oleh bid’ah. Perpecahan umat akibat perjudian, pencurian, pornografi, dan kemaksiatan lain akan menjadi jelas siapa yang berada di pihak Islam dan sebaliknya.
Sedang perpecahan akibat bid’ah senantiasa lebih rumit, kedua belah pihak yang bertikai kelihatannya sama-sama alim.
Ibn Abbas r.a berkata: “Tidak akan datang suatu zaman kepada manusia, kecuali pada zaman itu semua orang mematikan sunnah dan menghidupkan bid’ah, hingga matilah sunnah dan hiduplah bid’ah. tidak akan ada orang yang berusaha mengamalkan sunnah dan mengingkari bid’ah, kecuali orang tersebut diberi kemudahan oleh Allah di dalam menghadapi segala kecaman manusia yang diakibatkan karena perbuatannya yang tidak sesuai dengan keinginan mereka serta karena ia berusaha melarang mereka melakukan apa yang sudah dibiasakan oleh mereka, dan barangsiapa yang melakukan hal tersebut, maka Allah akan membalasnya dengan berlipat kebaikan di alam Akhirat”.(al- Aqriman y hal 315 dalam al-Mawa’idz; Pangrodjong Nahdlatoel ‘Oelama Tasikmalaya, Th. 1933, No. 18, hal.286)
Sehingga disimpulkan oleh Majalah al-Mawa’idz bahwa mengadakan perjamuan di rumah keluarga mayit berarti telah melanggar tiga hal:
1. Membebani keluarga mayit, walaupun tidak meminta untuk menyuguhkan makanan, namun apabila sudah menjadi kebiasaan, maka keluarga mayit akan menjadi malu apabila tidak menyuguhkan makanan.
2. Merepotkan keluarga mayit, sudah kehilangan anggota keluarga yang dicintai, ditambah pula bebannya.
3. Bertolak belakang dengan hadits. Menurut hadits, justeru kita (tetangga) yang harus mengirimkan makanan kepada keluarga mayit yang sedang berduka cita, bukan sebaliknya. (al-Mawa’idz; Pangrodjong Nahdlatoel ‘Oelama Tasikmalaya, hal 200)
Kemudian, berdasarkan keterangan Sayid Bakr di dalam kitab ‘Ianah, ternyata para ulama dari empat madzhab telah menyepakati bahwa kebiasaan keluarga mayit mengadakan perjamuan yang biasa disebut dengan istilah nyusur tanah, tiluna, tujuhna, dst merupakan perbuatan bid’ah yang tidak disukai agama (hal 285).
Melalui kutipan-kutipan tersebut, diketahuilah bahwa sebenarnya yang menghukumi bid’ah munkarah itu ternyata ulama-ulama Ahl as-Sunnah wa al- Jamaah, bukan hanya (majalah) Attobib, al-moemin, al-Mawa’idz. tidak tau siapa yang menghukumi sunat, apakah Ahl as-Sunnah wa al-Jamaah atau bukan (hal 286). Dan dapat dipahami dari dalil-dalil terdahulu, bahwa hukum dari menghidangkan makanan oleh keluarga mayit adalah bid’ah yang dimakruhkan dengan makruh tahrim (makruh yang identik dengan haram). Demikian dikarenakan hukum dari niyahah adalah haram, dan apa yang dihubungkan dengan haram, maka hukumnya adalah haram”. (al-Aqrimany hal 315 dalam al- Mawa’idz; Pangrodjong Nahdlatoel ‘Oelama Tasikmalaya, Th. 1933, No. 18, hal.286)
Kita tidaklah akan lepas dari kesalahan, termasuk kesalahan akibat ketidaktahuan, ketidaksengajaan, maupun ketidakmampuan. Namun jangan sampai kesalahan yang kita lakukan menjadi sebuah kebanggaan. Baik yang menghukumi haram maupun makruh, sebagaimana halnya rokok, tahlilan, dll selayaknya diusahakan untuk ditinggalkan, bukan dibela-bela dan dilestarikan.
  1. Fandra Eka Nur S.P.
    Juni 17, 2012 pada 3:44 am | #1
    Assalammu ‘alaykum…
    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Saya suka dengan Saudara admin, pemikiran Saudara itu sangat bijaksana sekali, dan jujur, baru kali ini saya tahu ada orang yang seperti Saudara…
    Sangat sulit sekali menemukan orang yang seperti Saudara itu,,,
    Semoga Allah senantiasa memberi rahmat kepada Saudara…Aamiin…
    Alhamdulillah, biasa aja, saya masih sangat jauh dari apa yg anda katakan,
    saya cuma menukil artikel-artikel yang sudah ada, bertebaran di internet, bukan tulisan saya sendiri,
    Alhamdulillah atas nikmat teknologi ini, semakin memudahkan kita untuk mempelajari agama islam ini,
    Jadi hari gini jika kita masih beramal tanpa dalil, hanya ikut-ikutan nenek moyang kita, tanpa meneliti lagi apakah amalan kita betul-betul diajarkan oleh rasulullah atau tidak, ini termasuk orang yang ketinggalan informasi,..
    Dan kita jangan betah menjadi orang yang bodoh,
    Sekolah aja berjenjang, habis TK masuk SD, habis SD msuk SMP, dan seterusnya,
    Masa untuk agama islam, kita mencukupkan hanya ilmu yg didapat waktu TK atau SD saja?
    Tidak mau belajar gimana cara wudhu yg benar misalnya, atau cara shalat yang benar,..
    Harusnya kita belajar,..
    Sukses selalu buat Saudara,,,LANJUTKAN…. n_n
    Jazakumulllahu khairan atas motivasinya,
  2. abimanyu
    Juni 16, 2012 pada 4:15 am | #2
    assalamu’alaikum warohmah,
    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
    orang yang menolak tahlil itu di hukumi kafir,apa artinya tahlilan dengan di akhiri akhiran an yaitu orang yang membaca kalimat tahlil…..
    Janganlah menghukumi kafir kepda kaum muslimin,..
    Tahlil adalah dzikir yang paling agung yang diajarkan oleh rasulullah,
    Kalau ritual tahlilan setelah kematian, adalah pelecehan terhadap tahlil yang diajarkan oleh rasulullah,
    Wajib dibedakan antara tahlil dan ritual tahlilan setelah kematian,..
  3. trisno
    Juni 14, 2012 pada 3:57 am | #3
    “Hari ini telah kusempurnakan nikmatmu atas Islam”. begitulah ALLAH sendiri yg mengatakanya. jika memang bisa dibuktikan melalui sejarah dan penalaran AKAL bahwa rasullulah tidak pernah mengadakan TAHLILAN. maka WAJIB bagi kita untuk meninggalkanya.
    dalam arti kata KITA YG TAAT RASUL, BUKAN RASUL YG KITA AJARI.
    klo kita pikir di zaman nabi bukan 1 atau 2 orang yg meninggal dalam satu bulan misalnya. klo nabi sibuk mengadakan TAHLILAN kerumah2 dihari ke 3 , ke 7 , 40 dan hari 100.
    tentunya hampir setiap malam nabi cuma sibuk TAHLILAN doang. dan islam tidak akan sampai ke tangan kita. begitulah kira2 yg terjadi pada umat islam kita sekarang ini yg cuma disibukkan ibadah2 ritual, padahal belum tentu yg wajib sudah disempurnakan. seperti shalat dan mencari ilmu , menyingkap rahasia al – quran( ilmu pengetahuan, science, teknologi, potensi laut, ada apa diangkasa , membuat mobil yg lebih bagus dari negara lain). guna memajukan umat agar dihormati bangsa2 lain.
    membaca al quran yg penting merdu, padahal bukan untuk itu al quran diturunkan.
    kita hargai dan menghormati perjuangan WALI Allah dahulu melakukan Tahlilan guna melakukan pendekatan untuk menyebarkan Islam.
    Wali yang generasi pertama merupakan wali yang mendakwahkan dakwah salaf, sebab mereka adalah utusan dari turki utsmani,
    bukan wali lokal jawa yang dimulai dari generasi sunan kalijaga yang kurang kerjaan njaga kali sehingga tidak shalat jumat,tidak mandi, selama puluhan bulan,bahkan bertahun-tahun??
    Bayangkan, tidak shalat jumat 3 kali berturut-turut aja sudah ditutup hatinya, apalagi ini sampai tahunan, tongkatnya sudah menjadi serumpun bambu, dikepalanya ada sarang burung,..
    Berarti gimana buang airnya, EE di celana, kencing di celana? hi.hi..hi… masa wali kok jorok begini,..
    bukanlah perkara yg mudah menyebarkan agama dengan perang misalnya terhadap orang2 kafir sampai mereka membayar jizyah bila menolak seperti yg dilakukan oleh rasul. dikarenakan Rasul memang sudah mendapatkan jaminan oleh Allah untuk memerangi orang2 penyembah berhala. dan itu sudah diperhitungkan oleh WALI2 ALLAH yg menyebarkan agama islam di Indonesia.
    Jangan tertipu dengan sejarah wali yang ada difilm2, silahkan baca disini sejarah walisanga
    mereka mengadakan TAHLILAN memang mungkin cuma itu satu2 cara pendekatan penyebaran agama.
    Rasulullah tidak mengajarkan islam dengan cara mencampur adukkan ajaran agama islam dengan ajaran agama lainnya, apalagi ajaran agama buatan manusia seperti ajaran hindu atau budha
    Jadi dakwah seperti itu, menyelisihi dakwah rasulullah, bukankah dulu orang-orang quraisy juga menawarkan demikian? sekali waktu mengerjakan ajaran islam , sekali waktu gantian menyembah berhala quraisy,
    Akan tetapi Rasulullah menolak tawaran mereka, sehingga turun surat alkaafiruun,..
    dalam Islam Babi haram untuk dimakan. tetapi bila memakan babi dalam kondisi terdesak babipun halal dimakan. begitu juga dengan TAHLILAN yg dilakukan oleh WALI2 Allah. namun setelah keadaan sudah aman. maka kembali lagi ke hukum semula HARAM memakan babi.
    Berbeda halnya, antara kondisi terdesak, dan bisa mati jika tidak makan, dan tidak ada makanan apapun, maka apa yang ada, bisa jadi halal,
    Kasusnya berbeda , dengan pencampuradukkan ajaran islam dengan ajaran agama lain, ini adalah pelecehan terhadap agama Allah,.
    Dan tidak akan mungkin islam bisa tegak, atau Allah tidak mungkin menolong dakwah islam dengan cara mencampuradukkan ajaran islam dengan ajaran agama lainnya,..
    Dan cara-cara dakwah seperti itu tidak akan mungkin dilakukan oleh wali-wali Allah,..
    Tidak pernah kita dapati para penyebar islam sejak jaman Rasulullah, mereka mendakwahkan islam dengan cara mencampuradukkan ajaran islam dengan ajaran agama lain,..
    Justru Manusia dan Jin itu diciptakan agar menyembah Allah secara total, tidk mencampur adukkan ajaran islam dengan ajran yang lain, wajib mentauhidkan allah dalam segala hal,
    Dan Allah tidak memberikan sesuatu, melainkan kesanggupanmu.
    Allah tidak membebankan sesuatu, kecuali dengan kesanggupan makhluknya,.. Dan ajaran islam sanggup diamalkan oleh semua makhluk,.. tidak ada yang berat dalam syariat islam ini,..
    Justru yang berat adalah apa-apa yang ditambah-tambahkan oleh manusia, seperti ritual tahlilan setelah kematian,.. ini memberatkan bagi orang-orang yang sedang dilanda duku, kesedihan,..
    Keluar biaya banyak, dan tidak mendatangkan pahala sama sekali, bahkan memanen dosa,
    dan akhirnya kepada Allah saya mohon ampun. bila komentar ini tidak bermanfaat.
    Ada yg diluruskan, mudah-mudahan bermanfaat, dan bisa diambil hikmahnya,
  4. sutarom
    Juni 9, 2012 pada 5:20 am | #4
    Janganlah gampang bicara Bid’ah kalau anda tidak tahu hukum agama islam ,…
    ingat semua ada dalil Alquran dan hadistnya ,…..
    Betul sekali, semua ada dalil dari alquran dan hadits yang shahih, lalu kenapa ada kaum muslimin yang beramal dengan amalan yang tidak diajarkan, baik diajarkan dalam alquran, ataupun hadits-hadits rasulullah yang shahih,
    Tidak kah kita merasa cukup dengan apa yang diajarkan Allah dalam alquran, ataupun ajaran rasulullah dalam hadits-haditsnya yang shahih??
    Kok sempat-sempatnya sebagian kaum muslimin yang mengaku sebagai pengikut rasulullah melakukan amalan-amalan yang tdak ada contohnya dari alquran maupun hadits2 rasulullah yang shahih,
    Janganlah gampang bicara ini bukan Bid’ah kalau anda tidak tahu hukum agama islam ,…
    ingat semua ada dalil Alquran dan hadistnya ,….. dan Rasulullah telah menyampaikan ajaran islam ini secara sempurna,
    Janganlah kita tampbah2hi atau kita kurang2i,
    Kita tinggal mnjalankan ajaran islam ini,
    Tidak kah kiita bersyukur dengan nikmat islam ini??
    Salah satu tanda kita bersyukur atas nikmat islam ini adalah kita beribadah sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rasulullah, bukan melakukan ibadah yang tidak ada contohnya dari rasulullah,…
  5. muhamad
    Juni 7, 2012 pada 11:42 pm | #5
    Tuhan kita Allah subhanahu wata’ala,Nabi kita Muhammad,Agama kita Islam,Imam kita Alquran,Kiblat kita Ka’bah,Saudara kita Muslimin dan Muslimat….
    Tapi kenapa islam yang ada adalah islam warna-warni??
    Bagaimana cara agar islam kita tidak warna-warni?
    Tapi islam yang satu, islam yang diajarkan kepada para sahabat,
    Islam yang dipahami dan diamalkan oleh para sahabat,
    Islam mereka adalah islam yang satu, bukan islam warna-warni
    Akidah mereka adalah akidah yang satu, bukan akidah warna-warni,..
    Bagaimana solusinya??
    jawabannya cuma satu,
    Kembali kepada Pemahaman para sahabat, generasi yang dibina oleh Rasulullah langsung, dan ini adalah perintah Allah,
    Semua kaum muslimin wajib mengikuti pemahaman dan pengamalan para sahabat, lihat dan baca surat attaubah ayat 100 , baca tafsirnya,
    Bagi yang tidak mau mengikuti pemahaman mereka, maka akan diancam dengan kesesatan dan neraka,. silahkan baca surat annisa ayat 115, baca tafsirnya,
  6. qowi
    Juni 6, 2012 pada 3:20 am | #6
    assalamualaikum,mas
    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    kapan kapan kami mau ngaji langsung sama anda,
    kalau g salah (admin pemilik asli bumiayu ) orang bumiayu ya.kita mau ngaji langsung biar lebih jelas dan afdol tentunya.
    Emang tinggal dimana? sekarang sudah banyak tempat kajian kok, saya sendiri juga sedang belajar, belum layak jadi ustadz, makanya artikel yang ada disini juga bukan tulisan saya pribadi, tapi itu copas dari web yang dikelola oleh para ustadz,
    tinggal dimana mas? barangkali bisa saya bantu tuk kasih tahu tempat2 kajian yg dekat dengan tempat anda, atau coba minta ustadz tuk ngisi di tempat panjenengan,… dengan senang hati,.. ngga mbayar,
    • Abu. Ghifar
      Juni 8, 2012 pada 1:36 am | #7
      jangan sampai kita menggunakan dalil yang satu tapii …………….tidak memperhatikan dalil yang lain,,,,,,,,,,,,,
      Kalau sudah ada dalil yang shahih dari rasulullah, maka dalil yang lain tidak usah dianggap, dan wajib ditinggalkan,
      Untuk urusan ibadah, hukum asalnya adalah haram, sebelum ada dalil yang menyuruh untuk mengerjakannya, termasuk masalah tahlilan,.. mana dalil yang menyuruh kita melakukan ritual tahlilan setelah kematian??
      Hadits yg dhaif sekalipun tidak ada,.. janganlah kita mengikuti hawa nafsu dalam hal ibadah,..
      dan jangan juga kita mengartikan dalil menurut dan sesuaikan dengan keinginan nafsu kita ………..
      Betul, tahu ngga apa itu hawa nafsu? coba cocokan antara amal kita dengan dalil-dalil yang shahih dari rasulullah,
      Jika amalan kita tidak ada dalilnya dari rasulullah, berarti kita telah mengikuti hawa nafsu, baik hawa nafsu sendiri, ataupun hawa nafsu kyiai2 kita, atau ajengan2 kita,..atau habib2 kita,… semuanya, wajib ditinggalkan,..
      kami orang NU adalah murni berjuang menyelamatkan aqidah dan syariah, mengajak yang belum sholat agar sholat karena kalau kita lihat di dalam 1 wilayah hanya 2 % orang melakukan jamaah di masjid,…………
      Hendaknya juga cara shalat kita juga wajib mencocoki dengan cara shalat yang diajarkan oleh rasulullah, bukan asal shalat, wajib berdasarkan dalil-dalil yang shahih, bukan ikut-ikutan atau mengikuti hawa nafsu, sudahkah anda mempelajari tata cara shalat nabi, atau tata cara wudhu nabi?? jika belum tahu, silahkan lihat disini,
      jadi browww dakwahlah kepada orang-orang yang belum sholat , kita gak tahu …….siapa yang nanti amal ibadahnya diterima Allah,swt LANAA A’MALUNA WALAKUM A’MALUKUM. Amalan orang NU pasti ada Hujjahnya walaupun itu sifatnya Amm / umum Nabi menyuruh kita untuk silatur rohmi, berbuat baik dengan tetangga, berbuat baik dengan orang lain, saling bersalaman, ketika berjumpa, SALING MENDOAKAN dllllllllll itu semua perintah amm yang tentunya kita artikan menurut zamannya……MUDAH-MUDAHAN AMAL IBADAH KITA DITERIMA OLEH ALLAH,SWT
      Syarat diterimanya amal ibadah, sudah tahukah anda? silahkan baca disini
      Jangan sampai ibadah kita sia-sia,
      Memang hanya allah yang mengetahui mana amalan kita yang diterima, tapi jangan lupa, Allah sudah mengutus rasulullah untuk menjelaskan syariat yang dibuatnya. Allah yang membuat syariat ini, dan Rasulullah sudah menyampaikan semuanya,..
      Jadi, beramal lah sesuai dengan tuntunan rasulullah, yang diajarkan kepada para sahabatnya,
  7. muhamad
    Juni 5, 2012 pada 10:58 am | #8
    apapun jalan kita..mari tetep saling menjaga persatuan dan kesatuan khususnya sesama muslim…pada hakikatnya kita sedang menuju tujuan yang sama,namun menempuh jalan yang tidak sama.
    Jalan islam cuma satu, sebagaimana digambarkan oleh rasulullah,
    Kita tinggal mengikutinya saja, tidak boleh membuat jalan-jalan sendiri,
    Tidak bisa diibaratkan misalkan kita mau ke jakarta, ada yang melalui pantura, atau jalur selatan, lewat tol atau jalan biasa, yang penting tujuan yaitu jakarta bisa ditemukan,.
    bukan seperti itu,
    Ibnu Mas’ud berkata:
    Rasulullah menggaris satu garis dengan tangannya, kemudian bersabda:
    “Ini adalah jalan Allah yang lurus.”
    Setelahnya beliau menggaris beberapa garis di sebelah kanan dan kirinya, kemudian beliau bersabda:
    “Ini adalah jalan-jalan. Tidak ada satu jalan pun dari jalan-jalan ini melainkan di atasnya ada setan yang mengajak kepadanya.”
    Beliau lalu membaca ayat:
    “Sesungguhnya ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah jalan ini dan jangan kalian mengikuti jalan-jalan lain karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kalian dari jalan-Nya.” Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Imam Ahmad dalam Musnad-nya (1/465 dan 1/435) dan Ad-Darimi dalam Sunan-nya (no. 204).
  8. siardhi
    Juni 5, 2012 pada 4:28 am | #9
    Assalamualaikum
    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Kalo menurut ane gan, cerita tentang wali songo bisa ini itu sulap ini itu itu cuma rekaan belanda doang gan. mereka nanemin Bibit busuk… akibatnya? Luar Biasa…
    cerita sunan bonang yang asli malah ada di museum di belanda, sunan bonang mendakwahkan dakwah salaf,.. nah ini ngga banyak diketahui oleh kaum muslimin di indonesia,..
    Bahkan belanda juga pinter, bagaimana cara menghancurkan persatuan umat islam, dengan cara menyusupkan orang mereka tuk mempelajari islam, lalu mengacaukan islam dari dalam, seperti yg mencetuskan politik de vede at impera, politik pecah belah,
    Udh susah gan nyuruh orang balik lagi ke Al Qur’an sama hadist… tapi tetep harus semangat… numpang copas alamatnya ke FB ane yah gan..
    silahkan saja
    Wassalamualaikum
    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
  9. belajarsunnah
    Mei 26, 2012 pada 5:45 pm | #10
    Cah Angon :
    Assalau ‘alaikum warohmatullah..
    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Bagaimana dengan ajaran yang ditinggalkan para wali (wali songo) yang notabene adalah penyebar agama islam di Indonesia (jawa khususnya),..apa harus diikuti atau ditinggalkan..??
    Para wali yang pertama diutus adalah para ulama dari arab, seperti maulana malik ibrahim,sunan bonang,sunan giri, mereka mendakwahkan dakwah dengan pemahaman para sahabat,
    Ajaran islam yang mulia ini mulai dicampuri dengan budaya lokal ketika disebarkan oleh sunan lokal yang asli keturunan jawa / aswaja (asli wajah jawa) yaitu sunan kalijaga dan generasi setelahnya, mulai dimasukan ajaran sinkritisme, ajaran hindu, seperti wayang,juga gamelan, juga ritual-ritual hari-hari kematian, dengan dalih untuk menarik masyarakt hindu agar masuk islam,
    sikap kita, patokan kebenaran bukanlah para wali, tapi alquran dan sunnah rasulullah yang shahih,. selama yang diajarkan para sunan itu mencocoki apa-apa yg diajarkan rasulullah dan para sahabatnya, maka boleh kita ikuti,
    Apa-apa yang menyelisihi ajaran rasulullah dan para sahabatnya, maka kita tinggalkan,.. wallahu a’lam
    mohon beri tahu, terdapat di buku apa penjelasan jawaban di atas? syukran
    Silahkan baca postingan terbaru disini
  10. Hamba
    Mei 25, 2012 pada 10:35 am | #11
    Sayangnya kebanyakan dari mereka menutup diri dan merasa paling benar, menolak pandangan lain tanpa mau mempelajarinya dulu lebih dalam.
    saya sangat setuju dengan penulis, ISLAM SUDAH SEMPURNA, tidak perlu ditambah apalagi dikurangi. jadi diluar itu sudah pasti BID’AH.
    terus terang keluarga saya dulu NU fanatik, tapi Alhamdullillah dengan membuka diri dan belajar kajian tentang Quran, kami terlepas dari Bid’ah Bid’ah terdahulu yg kami kerjakan.
    saya berharap penulis terus berjuang untuk menghilangkan Bid’ah di masyarakat kebanyakan.
    Mudah-mudahan semakin banyak kaum muslimin yang mendapatkan hidayah, sehingga hanya mengamalkan apa yang betul-betul diajarkan oleh rasulullah saja, mencukupkan diri dengan apa yang diajarkan oleh rasulullah, itu adalah jalan keselamatan,.
    Yang diajarkan oleh Rasulullah saja belum bisa kita amalkan seluruhnya, kok mau-maunya melakukan ritual-ritual yang tdk ada contohnya dari rasulullah,..
  11. Cah Angon
    Mei 24, 2012 pada 4:52 am | #12
    Assalau ‘alaikum warohmatullah..
    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Bagaimana dengan ajaran yang ditinggalkan para wali (wali songo) yang notabene adalah penyebar agama islam di Indonesia (jawa khususnya),..apa harus diikuti atau ditinggalkan..??
    Para wali yang pertama diutus adalah para ulama dari arab, seperti maulana malik ibrahim,sunan bonang,sunan giri, mereka mendakwahkan dakwah dengan pemahaman para sahabat,
    Ajaran islam yang mulia ini mulai dicampuri dengan budaya lokal ketika disebarkan oleh sunan lokal yang asli keturunan jawa / aswaja (asli wajah jawa) yaitu sunan kalijaga dan generasi setelahnya, mulai dimasukan ajaran sinkritisme, ajaran hindu, seperti wayang,juga gamelan, juga ritual-ritual hari-hari kematian, dengan dalih untuk menarik masyarakt hindu agar masuk islam,
    sikap kita, patokan kebenaran bukanlah para wali, tapi alquran dan sunnah rasulullah yang shahih,. selama yang diajarkan para sunan itu mencocoki apa-apa yg diajarkan rasulullah dan para sahabatnya, maka boleh kita ikuti,
    Apa-apa yang menyelisihi ajaran rasulullah dan para sahabatnya, maka kita tinggalkan,.. wallahu a’lam
  12. ranma
    Mei 23, 2012 pada 3:08 am | #13
    orang yang nulis artikel ini mesti orang yang pinter, sampai tau bahwa rasulullah dan sahabat2nya tdk pernah tahlilan…….hahaha
    orang pinter itu, beramal sesuai dengan dalil yang jelas dari rasulullah, bukan beramal tanpa dalil, bukan pula beramal dulu, baru cari-cari dalil, atau pembenaran thd amalan tersebut,
    masyaallah :D:D:D
    salut deh !!
    Hari gini, masih ikut-ikutan, beramal tanpa dalil,.. wah ketinggalan jaman, kaciaaan… deh loh,..
    Islam sudah sempurna mas, mba, Semua sudah rasulullah ajarkan,.. mau ke wc aja dah diajarkan tatacaranya, masa yang lebih besar dari itu kelewat,.. makanya belajar dong,.. agar mengetahui dalil-dalilnya yang shahih, baru beramal dgnnya,
    Ibadah itu hukum asalnya adalah haram, sebelum ada dalil yang memerintahkannya,..
  13. nan rahman
    Mei 12, 2012 pada 7:41 pm | #14
    kpn gk gelem tahlilan jarene dongane gk nyampe, kpn ngono tak dongakno keluargamu sing mati semoga melbu neroko. wong di dongakno apik jare gk nyampe.
    ndonga koh pelit, mung 7 dina sawise mati, 10 dina, 40, 100 dst,..
    ndonga mbok ngga wektu, kapan bae,..
    mendi dalile yen ndonga kuwe 7 dina sawise mati, 10,40,100 dst??
    ora ono mbok?
  14. Purmd
    Mei 12, 2012 pada 7:09 pm | #15
    Indah sekali semoga yg masih menjalankan bid’ah d berikan hidayah dan mulai menjaga sunah, menjaga kemurnian islam
  15. angahudin
    Mei 10, 2012 pada 3:09 pm | #16
    ass.
    Terimakasih telah berkomentar disini,
    Rasulullah sudah mengajarkan cara salam, tulislah salam dengan benar, anda akan mendapat pahalanya,
    di sebutkan di atas bahwa hal tersebut BID’AH YANG TERCELA tetapi tidak sampai haram (alias makruh), itu masih makruh belum haram,
    Makruh menurut imam syafii tidaklah bermakna makruh seperti yang dipahami orang-orang sekarang,
    yang haram banyak seperti arak, tuak dan miras bisa tidak anda atasi,itu baru problem yang harus dibahas di cari jalan keluarnya jangan ngotot dengan yang makruh saja.
    Coba tanyakan ke orang yang suka mabuk, suka nyolong, atau suka main ke pelacuran,..
    Apakah yang mereka lakukan itu maksiat atau bukan, apakah yang mereka lakukan itu dosa atau bukan,. maka mereka akan mudah menjawabnya, , Ya, itu perbuatan dosa, dan mereka pasti tidak ingin anak turunannya seperti mereka,.. dan mereka ingin tidak selamanya melakukan perbuatan tersebut, suatu saat nanti ingin bertaubat,..
    Tanyakan kepada mereka yang melakukan shalawat berjanji, atau tahlilan, atau yasinan,..
    Pak, bu, yang anda lakukan itu perbuatan ibadah atau maksiat??
    pasti dijawab, ini ibadah, berpahala,.. kok enak bener dibilang ini maksiat,.. mikir ngga sih anda ngomong kaya gitu,.. mungkin seperti itu jawabnya,..
    misalkan ditanya, pak, taubatlah dari perbuatan tersebut,..
    pasti mereka akan tambah marah,.. lha wong ibadah kok disuruh taubat,.. waras ngga sih anda ngomong gitu,… he..he.. malah disemprot,..
    dan mereka semangat melakukan itu, mengajarkannya pada anak turunannya,…
    Itulah rahasianya, mengapa setan itu lebih suka kepada pelaku bidah, daripada kepada pelaku maksiat,..
    Setan menghiasi amalan orang-orang pelaku bidah, sehingga mereka semakin semangat melakukannya,.. dan itu pada hakekatnya semakin menambah dosa-dosa pelakunya,.. bukan mendatangkan pahala,…
    Mudah-mudahan kita dijauhkan dari perbuatan bidah,.. dan semoga Allah memberikan hidayah kepada para pelaku kebidahan, sehingga mereka rujuk kepada pemahaman yang benar,.. amiin…
  16. angahudin
    Mei 9, 2012 pada 5:22 pm | #17
    aneh Hukum TAHLILAN menurut NU, mama hadistnya membuat aliran NU
    baca dulu, baru komentar
  17. udin
    Mei 6, 2012 pada 3:46 pm | #18
    Mengapa tahlilan selalu dilaksanakan pada hari dengan hitungan tertentu, misalnya seperti hari ketiga, ke tujuh, ke empatpuluh, ke seratus, ke seribu, Landasan atau rujukan apa yang mendasarinya? bukankah itu kebiasaan kebiasaan yang dilakukan dalam tata cara ibadah agama lain?
    Betul sekali, Rasulullah tidak pernah melakukannya, Abu Bakar tidak melakukannya, demikian juga sahabat-sahabat yang lainnya,… Imam syafii juga tidak melakukannya,…
    Dan yang melakukannya adalah orang-orang hindu,.. ada dikitab-kitab mereka,
    Jika dahulu islam datang ke Indonesia dan disebarkan dengan cara damai pada komunitas agama yang telah ada sebelumnya melalui budaya mereka, tetapi bukankah sekarang islam sudah menjadi agama mayoritas di Indonesia, dimana kita dilahirkan juga sudah pada komunitas dan lingkungan islam, tetapi mengapa cara dan budaya pada saat yang lalu masih saja terus dipertahankan?
    Rasulullah dalam mendakwahkan islam kepada orang-orang kafir quraisy bukan dengan cara memasukan budaya kafir quraisy ke dalam ajaran islam yang mulia,.. akan tetapi rasulullah tegas, budaya kaum quraisy bukanlah ajaran islam, menyembah berhala, bukanlah syariat islam,.. syariat islam adalah mentauhidkan Allah semata,
    • fariq ubaidillah
      Mei 24, 2012 pada 4:02 am | #19
      kitab hindu yg mana…???jangan ngarang gan…saya kenal pedande sepuh Ida bagus agung dari parisade tingkat satu menyatakan tidak ada ajaran-ajaran tersebut malah sebelum agama hindu ada acara/tradisi tersebut sudah ada jadi hindu cuma meneruskan sama halnya umat islam yg ada sebagian melakukan ritual tersebut tapi diisi dengan kalimat toyibah…jadi jangan asal ngomong kalo tidak ada dasarnya.
      Mas, kalau tahlilan 7hari,10 hari, dst itu ada perintahnya dari rasulullah, saya juga mau mengerjakannya mas,
      tolong dong tunjukkan dalil shahih dari rasulullah,
      Jangan dipaksa-paksakan atau ngarang-ngarang dalil sendiri,
      ..jadi jangan asal ngomong kalo tidak ada dasarnya.
      • Juni 16, 2012 pada 4:58 pm | #20
        tunjukan dalilnya kalau memang ada
  18. April 19, 2012 pada 9:52 am | #21
    Utk NU, saya punya buku Ahkamul Fuqaha, Solusi Problematika Hukum Islam, Keputusan Muktamar, Munas, dan Konbes Nahdlatul Ulama (1926-2004 M),-. Kalau mau lihat pendapat PP. Muhammadiyah, agak panjang… tapi ini nukilannya:
    “Maka yang dilarang menurut Muhammadiyah adalah upacaranya yang dikaitkan dengan tujuh hari kematian, atau empat puluh hari atau seratus hari dan sebagainya. Selamatan tiga hari, lima hari, tujuh hari, dan seterusnya itu adalah sisa-sisa pengaruh budaya animisme, dinamisme, serta peninggalan ajaran Hindu yang sudah begitu berakar dalam masyarakat kita. Karena hal itu ada hubungan dengan ibadah, maka kita harus kembali kepada tuntunan Islam. Apalagi, upacara semacam itu harus mengeluarkan biaya besar, yang kadang-kadang harus pinjam kepada tetangga atau saudaranya, sehingga terkesan tabzir (berbuat mubazir).
    Berdasarkan keterangan di atas, maka dapat diambil beberapa kesimpulan:
    (1). Sebagai warga Muhammadiyah sikap yang harus diambil adalah menjauhi atau meninggalkan perbuatan yang memang tidak pernah dituntunkan oleh Rasulullah saw dan sekaligus memberi kan nasehat dengan cara yang ma’ruf (mauidlah hasanah) jika masih ada di antara keluarga besar Muhammadiyah pada khususnya dan umat Islam pada umumnya yang masih menjalankan praktek-praktek yang tidak dituntunkan oleh Rasulullah saw tersebut.
    (2). Dalam menjaga hubungan bermasyarakat, menurut hemat kami tidaklah tepat jika tolok ukurnya hanya kehadiran pada upacara/hajatan kematian. Namun, kegiatan-kegiatan kemasyarakat an lain, seperti rapat RT, kerja bakti, ronda malam (siskamling), takziyah dan lain-lain juga perlu mendapat perhatian. Dengan aktif mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut, insya Allah, ketika kita hanya meninggalkan satu kegiatan saja (tahlilan/hajatan tersebut) tidak akan membuat kita dijauhi oleh masyarakat di mana kita tinggal.
    (3). Mengenai makan dan minum pada perjamuan tahlilan, sekalipun makanan dan minuman tersebut berasal dari para warga RT, namun tetap saja dapat digolongkan pada perbuatan tabzir, sehingga layak untuk ditinggalkan. Wallahu a’lam bish-shawab.”
    Tim Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid
    Pimpinan Pusat Muhammadiyah
    http://tarjihmuhammadiyah.blogspot.com; http://www.fatwatarjih.com
    E-mail: tarjih_ppmuh@yahoo.com; ppmuh_tarjih@yahoo.com
    Silakan Lihat di http://www.fatwatarjih.com/2011/12/upacara-tahlilah.html
    Jazakallahu khairan..
    • fariq ubaidillah
      Mei 24, 2012 pada 4:06 am | #22
      ah…tarjih muhammadiyah sudah dibantah sendiri oleh orang muhammadiyah,,,prof.dr.h.amin rais saja memerintahkan umat islam harus memperbanyak tahlilan…lihat Kedaulatan Rakyat edisi hari rabu bulan april tahun 2009 ,,,
      Lah pak amin belajar islam di amerika, ya wajar jika berpendapat begitu,.. emang orang-orang amerika pinter, mereka menghancurkan agama islam secara langsung tidak akan bisa,.. maka dihancurkan melalui orang-orang islam yang belajar disana,.. bnyk tokoh2 selain pak amin yang memiliki pemikiran nyeleneh,
  19. Sumali Ahmad Sudarwanto
    April 15, 2012 pada 12:34 pm | #23
    assalamualikum,,
    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
    jazakallahu khairan atas komentarnya,
    maf sebelumnya bila ada salah.
    saya sering membaca artikel anda,,alhamdulillah banyak kebaikan yang di dpat,nmun smakin lma aq mengikuti artikel anda,kok semakin banyak kejanggalan.khususnya masalah tahlillan.yang jadi msalah itu sebenarnya pa?
    Ini merupakan jauhnya kaum muslimin mempelajari tentang ajaran islam ini,sebagaimana yang diamalkan oleh generasi yang dibina langsung oleh Rasulullah, mereka adalah para sahabat.
    Para sahabat lebih mencintai Rasulullah, lebih bersemangat dalam beribadah, dan mereka mencukupkan dengan amalan ibadah yang diajarkan oleh Rasulullah saja, tidak menambahi, dan tidak mengurangi.
    Jika kita ingin kejayaan islam, kemuliaan islam kita raih, maka ikutilah cara beragamanya mereka. dan mengikuti cara beragama para sahabat merupakan kewajiban untuk setiap muslim, dan ada ancaman bagi orang yang tidak mau mengikutinya.
    Bisa dibaca surat attaubah ayat 100 dan surat annisa ayat 115
    Dalam berislam kita bukan mengikuti budaya setempat, atau orang tua kita, .. islam bukan agama turunan. akan tetapi islam agama ilmiyah, semua wajib berdasarkan dalil yang shahih. Beribadah itu nunggu dalil, sebab hukum asal ibadah adalah haram dikerjakan sebelum ada dalil yang menyuruhnya, berbeda dengan hukum asal urusan dunia, hukum asal urusan dunia adalah boleh, sebelum ada dalil yang melarangnya,..
    bukankah banyak hal2 baek dlm tahlillan tsb.mungkin di sbagian tempat menetapkan tentang tata cara,waktu,dll.nmun ada bnyak pula di tempat2 laen yg tdak terikat dgn hal2 tsb.maka pa salah jika mengirim doa ato mncari pahala dgn jalan tsb?
    Terimakasih sebelumnya, segala yang baik dimata manusia, belum tentu baik dimata Allah dan Rasululullah, sebaiknya anda membaca artikel disini
    Baca dari awal hingga akhir, dan anda renungi,
    Islam sudah sempurna, semua kebaikan yang dapat membawa ke surga, sudah diajarkan oleh Rasulullah
    saat ada kmatian dan ditahlili,,di tempat sya imam/pemimpin tahlil tsb snantiasa mndahului dgn berkata,”semoga amalan barokah pahala dari baca doa dan tahlil ini di kirimkan kpd alm/almh …{nma mayit}”pa itu salah?
    Di jaman Rasulullah hidup, banyak rasulullah mendapati sahabatnya yang meninggal, bahkan istrinya.
    Rasulullah tidak melakukan tahlilan,
    Ketika para sahabat meninggal, Rasulullah juga tidak melakukan tahlilan, atau mengumpulkan para sahabat, lalu mengirim doa dipimpin oleh Rasulullah,
    Abu bakar juga tidak pernah melakukan tahlilan,.. demikian juga umar, utsman atau ali,..
    Imam abu hanifah, imam malik, syafii, atau imam ahmad juga tidak pernah melakukan tahlilan ketika ada kematian atau lainnya,
    Demikian juga imam bukhari, muslim, dan ulama-ulama lainnya,..
    Siapa yang lebih layak untuk diikuti?
    Rasulullah,para sahabat, para ulama atau imam/pemimpin tahlil di daerah kita?
    Tentu lebih selamat kita mengikuti Rasulullah , para sahabat, dan ulama-ulama ahlussunnah yang mengikuti pemahaman para sahabat,..
    mohon penjelasan dan trima kasih….
    Mudah-mudahan penjelasan diatas bisa dipahami,
    Ingin mendapatkan kemuliaan dalam berislam, silahkan anda baca artikel ini
    Juga artikel ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar